Sekelumit tentang Flu Babi

Apa pulak Flu Babi ?

Heran awak kok bisa-bisanyalah warga Medan heppot gara-gara pilek yg satu ini .
[ termasuk awak salah satu manusia heppot gara-gara flu babi ini sampek-sampek tawaran makan gratis di Haleluya kutolak ]
Tapi kawanku mah senang , "lumayan ada job lagi jadi fasilitator" katanya .

Tahapa-hapa, makin tajos ajalah kutengok dunia ini , dah makin haram aja lah babi di Indonesia ini , kenapa makin malang aja nasibmu babi ?

Well, saya akan mencoba membahas dari sekerat informasi yang saya tahu

Flu dan common flu sebenarnya berbeda, walaupun beti [= beda tipis ]
Keduanya mempunyai gejala yang sepintas sama tapi mereka berdua disebabkan oleh virus yang berbeda. Satu bapak tapi dari lain pembantu keknya mereka dua ini lah
Ga caya ko kan ? tapi memang itulah kenyataannya lae !!

Disini ada 3 tipe influenza virus dan influenza disebabkan oleh influenza virus , sedangkan common cold disebabkan oleh rhinovirus (bahaya Yunani, “rhin”, berarti: “nose”).

Gejala common cold [ CC ] lebih ringan daripada influenza, tidak sampai menyebabkan komplikasi radang panu...eh paru , dan CC tidak membuat penderita sampai nginap di RS.
Ga mati kok lae kalo kena CC ,mau ?

Tapi sebaliknya gejala influenza lebih berat dan munculnya genetic material baru dari virus influenza inilah yang menyebabkan adanya kepanikan dan ketakutan akan wabah global (pandemic).

"Influenza virus mempunyai RNA (RiboNucleic Acid) sebagai genetic materialnya dan virus ini cepat sekali bermutasi karena ia tidak mempunyai enzim yang bisa memperbaiki jika seandainya ada kesalahan dalam pembacaan genetik material dalam tubuhnya. Kemampuan influenza virus untuk selalu bermutasi inilah yang menyebabkan vaksin influenza tidak bisa hanya diterima 1 kali seumur hidup tapi harus selalu diberikan setiap tahun, karena setiap tahun juga vaksin harus dibuat dengan menyesuaikan genetik material dari virus yang sedang mewabah di tahun itu."

Influenza virus dibagi menjadi 3 tipe, A, B dan C dan influenza virus tipe A dan B-lah yang biasanya jadi penyebab utama merebaknya wabah flu setiap tahunnya (seasonal influenza), sedangkan tipe C biasanya hanya menyebabkan gejala flu ringan dan jarang menyebabkan wabah.
Untuk pandemic influenza yang belakangan ini merebak, tipe A influenza virus yang menjadi penyebab utamanya.

Tipe A influenza virus bisa dibagi lagi dalam beberapa strain, tergantung dari kombinasi 2 jenis protein yang terdapat di permukaan si virus, hemagglutinin (H) dan neuraminidase (N). Ada 16 jenis hemagglutinin dan 9 jenis neuraminidase, dan berdasarkan inilah tipe A influenza virus sendiri dibedakan strain-nya. Strain influenza virus tipe A yang saat ini diketahui menyerang manusia adalah H1N1, H1N2 dan H3N2. Strain H1N1 ini menyebabkan pandemic di tahun 1918 yang dikenal dengan “Spanish flu”.

Influenza virus pada burung dikenal dengan nama avian influenza (bird flu).
Strain avian flu yang umum menyerang burung, cepat sekali menyebar dan bisa menyebabkan kematian pada burung yakni strain H5N1. Strain ini jarang sekali menyerang manusia dan kalaupun menyerang manusia, biasanya karena kontak erat dengan burung yang sudah terinfeksi virus H5N1 tersebut seperti pada beberapa kasus di Thailand (2004), Vietnam (2004-2005), dan Indonesia (2006-sekarang). Pada kasus di Indonesia, penyebaran infeksi tidak hanya karena kontak langsung dari burung ke manusia, tapi juga ditemukan adanya kemungkinan penyebaran dari manusia ke manusia yang menyebabkan kasus ini mendapat perhatian khusus dari banyak organisasi kesehatan dunia.

Tidak seperti umumnya infeksi virus influenza yang berakibat fatal pada orang lanjut usia, infeksi virus baru ini justru berakibat lebih fatal pada orang orang muda yang masih sehat!
Hayooo !! dan virus ini tidak menular melalui makanan.
Jadi tidak akan menular bila memakan ayam, babi dan sebagainya selama semua bahan makanan itu juga diolah dan dimasak dengan baik.

Selain menyerang manusia, tipe A influenza virus juga menjangkiti angsa, burung, ayam, anjing, kuda & babi . Kalo kuda nil ? Blom ada pulak lah kasus, jadi yg merasa kek kuda nil tenang aja ko di sana ya ..hahaa.

Kita tahu apa itu flu babi kita juga harus tahu tindakan pencegahan nya .
- pakai masker jika berpergian ke daerah yang rawan (peternakan misalnya),
- Tutup mulut/hidung ketika batuk/bersin dan jangan lupa selalu mencuci tangan sesudahnya.
- Jangan buang dahak/ludah sembarangan.
- Sedapat mungkin hindari kontak dengan penderita flu, dan jika kita sendiri flu, jangan dipaksakan bekerja masuk kantor/sekolah,
- Segera periksakan diri Anda ke dokter jika :
* Demam tinggi lebih dari 37,8 derjat
* sulit menelan
* nyeri sendi/otot
* Radang tenggorokan

Itulah sekelumit tentang flu babi yang cobaa ku sarikan disini . Semoga beguna.
Kalo ada yg kurang tanyakan aja ke babi . Nguuiiiik !!

Entri Populer